shoooww timees.......

Minggu, 03 April 2011

silahturami pentingkah ???

   SILAHTURAHMI……

tulisan ini ditujukan untukmemenuhi penilaian softskill
feni oktaviani 2dd04
APA ITU SILAHTURAHMI? PETINGKAH S2ddILAHTURAHMI?
Dari pertanyaaan diataS, banyak  yang berpendapat  mengenai  pandangan mereka masing – masing tentang silahturrahmi, tapi pentingkah silahturahmi itu? apa yang dimaksud dengan silahturahmi bagi masing – masing orang?bagaimana pendapat mereka ?
Hal seperti inilah yang terkadang diabaikan begitu saja, banyak yang mengartikan bahwa silahturahmi itu sesuatu yang hanya bertemu sapa, dan moment yang paling banyak digunakan yaitu pada hari raya Lebaran bagi umat  Islam di Indonesia.
Ketika manusia mengalami metamorfosa yakni manusia ketika masih usia dini , remaja, dewasa dan tua banyak hal yang kita lupakan setelah kita melewati Zaman itu. Seakan – akan hari yang lalu telah selesai dan berlalu begitu saja. setelah kita melewatinya kita akan melakukan hal yang telah direncanakan dan dengan mudah kita melupakan hari yang kemarin, walaupun terdapat sebagian memori dan moment yang kita inginkan untuk terus meningatnya.
Frman Allah berikut ini menerangkan :
Artinya :
Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkn laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (perihalalah) hubungan silahturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengwasi kamu.(Surat An-Nisa’ ayat 1)
Jadi SILAHTURAHMI ialah hubungan persaudaran yang diikat dengan rasa kasih dan sayang didasari Iman dan Taqwa kepada Allah


 UNTUK APA SILAHTURAhMi???
Dari wujud nyata jika kita selalu menerapkan silahturahmi  maka:
·        Untuk manis dan lezatnya hidup berumah tangga/berkeluarga da untuk tercapainya rumah tangga SAKINAH.
·        Untuk keharmonisan hidup bermasyarakat.
·        Untuk mendekatkan hubungan persaudaraan,
·        Untuk memeprbanyak rezeki yang diberkahi Allah SWT dan menebarkan salam dalam setiap penjuru.
·        Untuk memperpanjang usia dan dikenang manusia dengan banyak amal shaleh.
·        Untuk menghindari perselisihan da sengketa.
·        Untuk meningkatkan kualitas hidup yang sejahtera dan bahagia bersama.

HADIST berikut ini menerangkan :
Artinya :
Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, hendaklah dia menghubungkan SILAHTURRAHIM .

Banyak orang yang mengatakan bahwa dirinya telah menjalankan silahturahmi tetapi yang mereka jalakan hanya bersilahturahmi dengan sesama manusia,  tentu saja bersilahturahmi dengan alam pun sangat penting tapi pada realitasnya manusia masih mengabaikan akan hal tersebut, sedangkan begitu sempurnanya manusia di ciptakan Tuhan dengan sebaik-baiknya pnciptaan.
Bentuk fisik(jasmani) dan rohani ( non Fisik), melebihi mahluk lain, bahkan malaikat sekalipun. Karena itu mahluk manusia mempunyai hati nurani, kebutuhan tersebut manusia harus berinteraksi antara sesama, bahkan dengan alam lingkungannya. Dan sebagai mahluk yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan mahluk manusia yang lain yakni sebagai mahluk social ia harus merealisasikan jiwa sosialnya terhadap sesama dan juga terhadap alam, berdasarkan agama yang mengajarkan kasih sayang yang kita berikan istilah disni adalah Silaturrahmi.

SILATURRAHMI DENGAN ALAM? bersilaturrahmi dengan alam tentunya dengan menjaga dan memelihara alam serta memelihara dan mngendalikan pemanfaatannya agar fungsi dan keseimbangan alam tetap lestari. Kita sebagai manusia yang sempurna dengan diberikan nya akal oleh sang pencipta, harus melakukan sebagai wujud respon manusia terhadap alam, karena alam telah memberikan dukungn terhadap kehidupan manusia sepanjang sejarah peradabannya dan manusia sebagai khalifah dimuka bumi sudah diberikan amanah oleh Allah untuk menjalankan dan melaksanakan tanggung jawabnya untuk, mengatur, memelihara dan memakmurkan  isi bumi.

APAKAH MANUSIA TELAH BERSILAHTURRAHIM DENGAN ALAM???
Tentunya saja dapat dikatakan TIDAK, manusia yang tidak bersilaturrahmi dengan alam sesungguhnya mereka tidak mengguanakan akal yang telah dianugrahkan oleh Allah yakni hanya menggunakan nafsu atau keinginan dan ambisi yang sangat besar terhadap keinginan dirinya hanya ingin memanfaatkan sebesar-besarnya, untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya pula, tanpa mempeduliakan dampaknya. Orang – orang seperti itu dapat dikatakan cuek/ tidak peduli maka orang – orang tersebut termasuk golongan orang – orang yang Fasik.

WUJUD NYATA MANUSIA TIDAK BERSILATURRAHIM???
·        Banyaknya pertengakaran, dan perselisihan bahkan sampai terjadi pembunuhan
·        Kondisi alam yang saat ini sudah sangat jelas tidak terjaga kelestariannya,seperti : banjir, kebakaran alam, tsunami, gempa dan global warming
·        Hubungan yang tidak SAKINAH.


Tidak ada komentar: