Modal/investasi awal =
Modal; intern
» Tanah diatas bangunan 600m =85.000.0000
» Modal sendiri(uang tunai) = Rp.500.000
Modal, ekstern
» Pinjaman BPR kedupes(bank prekreditan rakyat pedesaan) = Rp.2000.000
Biaya investasi
» Perlengkapan :
o Makanan ayam( pakan ternak ) = Rp 35.000
o Ayam pedaging 30 ekor = Rp.150.000
o Vitamin ayam = Rp. 20.000
» Peralatan :
· Kandang ayam = Rp.50.000
· Tempat makan ayam = Rp. 20.000
· Lampu ( bohlam) = Rp. 45.000
» Upah tenaga kerja = 2 orang x 5000perhari = Rp.10.000
» Biaya listrik dan air = Rp. 75.000
Jumlah =Rp 330.000
Perencanaan keuangan restoran Ayam lunak (dimana akan direalisasikan ketika perternakan ayam sudah berjalan dengan lancar )
Penyediaan Dana u/ memproduksi ayam lunak =Rp. 1500.000
» Tenda = Rp.500.000
» Ayam pedaging (menggunakan ayam dari pernakan sendiri) = Rp.450.000
» Bumbu-bumbu masakan = Rp.50.000
» Upah tenaga kerja = 2 orang x 10.000perhari = Rp.20.000
» Alat – alat masak = Rp 50.000
» Alat – alat makan = Rp.20.000
» Biaya listrik dan air = Rp. 75.000
» Gas tabung 3 kg = Rp.14.000
Jumlah Rp. 1.179.000
PEMASARAN
» Produk yang dipasarkan = ayam pedaging dan makanan ayam lunak
» Sasaran konsumen =anak –anak, dewasa, remaja, orang tua, pengusaha restoran siap saji/restoran pembuat makanan yang mengolah ayam
» Wilayah pemasaran = pasar tradisional, supermarket, dan pasar cibadak
» Rencana penjualan per hari = 30 ekor ayam
» Penetapan harga jual :
o Untuk ayam pedaging = 40.000/ekor
o Menu ayam lunak = 6500/potong
Aspek Pemsaran
» Lingkungan Usaha menjual ayam pedaging yang didistribusikan ke pasar – pasar tradisional dan supermarket , selain itu dihgunakan juga untuk mengolah menu makan ayam lunak yang dikelola / usaha milik sendiri, dimana ayam merupaka suatu menu makanan yang dicari dan selalu menjadi dambaan disetiap menu masakan.
» Kondisi Pasar Pasar Sasaran : di pasar – pasar tradisional dan pasar cibadak ( Sukabumi)
» Peluang Pasar : karena semakin meningkatnya pendapatan masyarakat dan daya beli masyrakat, ayam merupakan salah satu daging yang diicari unrtuk menjadi menú makanan.. dan peternakan yama ini Sangay berpeluang di terima disparan selain itu, untuk wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah ayam lunak adalah makanan yang cocok untuk di minati.
» Strategi Harga Pemsaran : mensual berdasarkan hasil perosuksi per – harinya dapat juga dalam bentuk pesanan Namur harus dipesan pada hari sebelumnya. Dan menjual dengan harga pasaran producen yang ada, dan dapat sedikit lebih murah jira pesanan dalam jumlah yang yang banyak.
Apek Produksi
» Analisi lokasi Usaha : lokasi usa yang terdapat didaerah sukabumi kampung peundeuy adalah lokasi untuk petrenakan ayam dimana lokasi tersebut Sangat cocok untuk mengembangkan peternakan karena lokasi yang sejuk dan ramah lingkungan. Selain itu lokasi rerstoran berada ditempat yang tidak jauh dari lokasi peternakan yaitu di Pasar Cibadak dimana Lokasi tersebut Sangat strategis, yang tak pernah sepi akan penggunjung.
» Kebutuhan akan Bahan Baku : Uasaha ini membutuhkan bahan baku pakan ayam , vitamin ayam, bohlam, Bumbu – bumbu masak untuk mengolah ayam pedaging.
» Kebutuhan tenaga kerja : Tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menelola usa peternakan pada tahap awal dibutuhkan 2 orang yaitu untuk meneglola ayam ( memberi makan ayam, membersihkan kandang,) dan bagian pendistribusian ayam ke pasar – pasar tradisional. Sedangkan untuk restoran ayam lunak dibutuhkan untuk tapan awal usa 2 orang , yaitu seorang kaki dan asisten kaki .Dan kebutuhan tenaga kerja ini aka berubah seiring dengan berkembangnya Uasha tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar