shoooww timees.......

Rabu, 18 Mei 2011

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI


Komunikasi mempunyai unsur – unsur antara lain :
A.     SUMBER
Sumber adalah dasar yang digunakan untuk penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga, dokumen dan sejenisnya.
B.     KOMUNIKATOR
Dalam kmomunikasi setiap oraang atau kelompok da pat menyampaikan pesan – pesan komunikasi itu sebagai suatu proses diamana komukator dapat menjadi komunikan, sebaliknya komunikan dapat menjadi komunikator.
I.       Penampilan
Khusus dalam komunikasi tatap muka atau yang memakai media pandang dengan audio visual, seorang komunikator harus menyesuaikan dirri dengan lingkukangan dan komunikan. Penampilan ini sesuai dengan tata karma dengan memperhatikan keadaan, waktu dan tempat.
II.    Penguasaan masalah
Seseorang yang tampil atau ditampilkan sebagai komunikator haruslah betul-betul menguasai masalhnya. Apabila tidak, maka setelah proses komunikasi berlangsung akan menimbulkan ketidak percayaan terhadap komunikator dan akhirnya akan menghambat tarhadap  efektivitas komunikasi. Dalam suatu proses komunikasi timbale balik, yang lebih menguasai masalah akan cenderung memenangkan tujuan komunikasi.
III. Penguasaan bahasa
Komunikasi harus menguasai bahasa dengan baik,. Bahasa ini adalah bahsa yang digunakan dan dapat dipahami oleh komunikan, komunikator mutlak menguasai  istilah – istilah umum yang digunakan oleh lingkungan tertentu atau khusus. Penguasaan bahasa akan sangat membantu menjelaskan pesan – pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada audience itu. Tanpa penguasaan bahasa secara baik dapat menimbulkan ketidakpercayaan terhadap komunikator. Pergunakanlah bahasa yang baik dan benar.

Keefektifan komunikasi tidak saja ditetntukan oleh kemampuan berkomunikasi tetapi juga oleh diri si komunikator. Fungsi komunikator adalah pengutaran fikiran dan perasaanya dalam bentuk pesan untuk membuat komunikan menjadi tahu atau berubah sikap, pendapat atau prilakunya. Komunikan dijadikan sasaran akan mengkaji siapa komunikator yang menyampaikan informasi itu.
1.      Etos komunikator.
Keefektifan komunikasi ditentuka oleh etos komunikator. Etos adalah nilai diri seorang yang merupakan paduan dari kognisi, afeksi, dan konasi.
Kongisi adalah proses memahami yang bersangkurtan dengan pikiran, afeksi adalah perasaan yang ditimbulkan oleh perangsang dari luar dan konasi adalah aspek psikologis yang berkaitan dengan upaya atau perjuangan.
Etos tidak timbul begitu saja tetapi ada factor- factor pendukungnya antara lain :
·        Kesiapan 
·        Kesungguhan
·        Ketulusan
·        Ketenangan
·        Kepercayaan
·        Keramahan
·        kesederhanaan
2.      sikap komunikator – sikap (attitude) aadalah suatu kesiapan kegiatan. Suatu kecendrungan pada diri seseorang untuk melakukan suatu kegiatan menuju atau menjauhi nilai-nilai social.pada diri komunikator ada 5 sikap antara lain :
-reseptif            -dijestif -transmitif
-selektif            -asimilatif         
C.   PESAN
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Pesan dapat secara panjang lebar mengupas berbagai segi, namun inti pesan dar I komunikasi akan selau mengarah kepada tujuan khir komunikasi itu.
D.   CHANNEL/ SALURAN
Chanel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengn media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa. Disebut demikian karena sifatnya yang missal, misalnya televise dan sebagainya.
E.   KOMUNIKASI
Komuniasi dapat kita golongkan dalam tiga jenis, yaitu personal, kelompok, dan massa. Dari segi sasarannya maka komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.
F.      EFEK
Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai maka itu berarti komunikasi berhasil, demikian pula sebaliknya. Efek ini sesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion. Public opinion, dan majority opinion.

Tidak ada komentar: