shoooww timees.......

Minggu, 15 Mei 2011

artikel


MENOPOUSE< SUATU PROSES DALAM KEHIDUPAN WANITA
            Menopouse hanyalah kata-kata atau tepatnya istilah untuk menyatakan suatu proses dalam kehidupan wanita, yang berkaitan dengan siklus menstruasi,
            Pada saat menstruasi berhenti secara total, saat itulah seorang wanita dinyatakan dalam keadaan menoupouse.
            Istilah menopause memberi makna pasti yaitu berhentinya haid. Sesudah sekian tahun menstruasi berlangsung, dating pada setiap bulannya dan ditandai dengan pendarahan melalui vagina. Suatu ketika pendaharan ini berhenti secara seketika.
            Proses menstruasi tidak dating denga sendirinya ada tahapan-tahapan tertentu sebelum proses ini menjadi kenyataan.
            Menstruasi pertama sekali pada saat seorang wanita yaitu pada saat memasuki masa akil baligh, saat mana usia seseorang berkhisar sebelas sampai tiga belas tahun.
            Kasus menarche ada pula terjadi pada usia delapa belas tahun. Dalam kaidah yang sedemikian ini, pengaruh penyakit atau proses pathologi tertentu perlu mendapat perhatian, untuk mengetahui, mengapa hal tersebut sampai terjadi.
            Sejak pertama kali datangnya bulan (menstruasi) yang disebut dengan Menarche maka siklus menstruasi mulai berlangsung, empat sampai enam hari pada setiap bulannya. Jarak siklus menstruasi antara satu dengan yang berikutnya  berkisar antara dua puluh empat sampai tiga puluh dua hari. Dengan kata lain,siklus menstruasi adalah masa atau hari-hari terentang antara hari pertama menstruasi ( HAID). Sampai hari pertama datangnya menstruasi berikutnya. 
            Proses atau siklus menstruasi berjalan secara tetap dan teratur. Pada suatu ketika proses tersebut mengalami hambatan atau ketidakteraturan.
            Masa ini ditandai dengan datangnya haid yang tidak konsisten dalam jumlah harinya maupun dalam jumlah darah yang dikeluarkan seperti pada setiap kali siklus menstruasi. Tidak sebagaimana layaknya masa sebelum ini.
            Keadaan yang seperti ini disebut dengan KLIMAKTERIUM. Masa atau keadaan yang sedimikian berlangsung selama tiga sampai lima tahun.
            Ada kemungkinan, sesudah menstruasi berhenti secara total, suatu ketika terjadinya pendarahan per vagina mirip dengan menstruasi, walaupun hal ini jarang terjadi. Pendarahan seperti ini tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tidak ada salahnya, jka terjadinya pendarahan yang tidak lazim ini, membuat kita berpikir, jangan-jangan ada sesuatu yang tidak beres.
            Ada baiknya, jika wanita yang telah menopause suatu ketika mengalami pendarahan pervagina, memerikas dirinya, misalnya melkukan pemerikasaan pap_smear, guna mendekteksi kelainan-kelainan tertentu, yang kadangkla merupakan suatu proses keganasan.
           

Tidak ada komentar: