shoooww timees.......

Minggu, 10 Oktober 2010

Peranan Kewirausahaan Bagi Ekonomi Suatu Negara Dan Pembangunan Di Indonesia.

Nama : Feni Oktaviani
Kelas : 2DD04
NPM: 38209533
Tulisan ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan(softskill)
Presiden Soeharto menyatakan ketika membuka siposium "kewiraswastaan Nasional", 2 februari 1995 dijakarta mengatakan," masih banyak tantangan yang harus dihadapi agar bangsa ini mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam era perdagangan bebas mendatang.
Menurut Presiden, tantangan utamanya adalah membangun manusia pembangunan dalam jumlah besar dan meliputi berbagai bidang kehidupan. "manusia pembangunan adalah mereka yang sanggup membuat penemuan-penemuan baru yang kreatif, yang mampu membuat trobosan, yang mampu mmbaca dan memanfaatkan peluang."katanya. 
Lebih lanjut presiden menjelaskan bahwa manusia pembangunan adalah mereka yang mempu dan sanggup memasarkan barang-barang baru, menciptakan pasar baru, menemukan cara-cara baru dalam berproduksi  dan berusaha agar usaha yang ditanganinya dapat bersaing dan maju pesat. manusia-manusia pembaru inilah yang disebut wirausahawan.
Tentu saja, tambah presiden, " disamping sebagai wirausahawan yang kreatif, kaum muda indonesia juga harus dipersiapkan sebagai profesional yang andal dan pekerja yang terampil sebagai pelaksana - pelaksana kegiatan pembagunan yang mampu melaksanakan tugasnya secara efisien dan produktif," tutur persiden (kompas, 8 Februari 1995).
  • james M.higgins dalam bukunya the Management Challenge (1994). menguraikan secara historis, kewirausahaan dianggap sebagai salah satu fungsi ekonomi. diawal abad ke - 18, richard Canttilon mengobservasi bahwa seorang wirausaha adalah seorang yang menanggung resiko pembelian dan penjualan, dan sedangkan menurut ahli ekonomi Adam smith dan Jean baptise Say mengatakan, bahwa seorang wirausaha adalah seorang yang menyatukan faktor-faktor produksi
Dalam pernyataan diatas dapat diketahui bahwa kewirausahaan sangat berperan dalam pembangunan ekonomi dalam suatu negara, mengapa demikian? dikarenakan dalam suatu kewirausahaan terdapat kreativitas, intuisi dan mampu memanfaatkan peluang yang berorientasi terhadap kebutuhan manusia dan sejalan dengan trend yang menggejala di negara- negara maju, dimana wirausaha sangat menonjol memainkan peranan penting dan bermutu dalam masyarakat. Menurut Heru Sutojo seorang Konsultan manajemen, mengatakan bahwa kewirausahaan adalah orang yang bisa mengadakan kombinasi baru, dimana kombinasi itu merupakan fenomena yang fundamental bagi pembangunan ekonomi, karena mencakup sifat-sifat didalam kewirausahaan itu sendiri antara lain : mampu melihat kemasa depan, mempunyai intusi yang kuat, dan mempunyai jiwa kepemimpinan.
Pada tahun tujuh puluhan ternyata banyak negara sudah bertekad mengembangkan kaderisasi wirausahaan yang tangguh. Salah satu bukti adalah mereka berhasil menyusun kurikulum khusus tentang kewirausahaan untuk semua mahasiswa jurusan ekonomi dan manajemen., Bahkan mata kuliah kewirausahaan dimasukkan kedalam kurikulum inti.Bagaimana dengan negara kita tercinta,Indonesia?di negara kita sendiri pun pada tahun 90an mata kuliah kewirausahaan sudah diperkenalkan pada jurusan ekonomi,baik dilingkungan universitas maupun disekolah-sekolah tinggi manajemen. dan kini pengelola pendidikan yang mempunyai sensitivitas mereka yang tinggi terhadap perubahan lingkungan dan tuntutan zaman, para mahasiswa di didik sedini mungkin untuk menjadi saumber daya yang produktif dan kreatif, oleh karena itu peran kewirausahaan bagi pembagunan di indonesia sangat berpengaruh besar,kenapa demikian? hal itu dikarenakan peran kewirausahaan yang mempunyai inovasi yang tinggi ,mampu mengambil keputusan yang tepat dan melakukan kegiatan-kegiatan produksi serta menimbulkan reaksi terhadap gejolak-gejolak ekonomi mampu membuat perubahan bagi pembangunan ekonomi.

Tidak ada komentar: